UNSUR-UNSUR PENELITIAN

 Syarat umum jenis-jenis penelitian dapat dikelompokkan menurut tempat, data, tujuan, tingkat eksplanasi, pendekatan dan tipenya, sebagai berikut: 

A.    KONSEP

Pada dasar konsep berawal dari fakta yang diserap melalui indra, direkam oleh otak untuk diperjelas kembali disebut konsep abstrak. Konsep yang diabstraksikan dengan nama atau symbol disebut dengan konsep nyata.konsep nyata yang dijelaskan melalui kata-kata yang dibatasi biasa disebut Definisi. Definisi yang dijelaskan secara komperehensif desebut pengertian.

            Konsep menurut Wahyuni (1994) adalah merupakan abstraksi atau generalisasi dari suatu realita atau fenomena, dan cara menjelaskannya digunakan satu kata atau lebih agar dapat dikomunikasikannya.

 

B.     KONSTRUK

Konstruk yaitu merupakan suatu bayanganatau ide yang diciptakan untuk suatu penelitian dan atau mengembangkan teori yang dikehendaki.

C.    PROPOSISI

Menurut Manasse Malo(1986) Proposisi adalah suatu pernyataan yang terdiri atas satu atau lebih dari satu konsep atau variable.

D.    VARIABEL

Menurut  Hatch & Farhady (1981) mengatakan bahwa variable adalah sebagai atribut dari seseorang atau objek yang mempunyai “variasi” antara satu orang dengan lain atau objek dengan objek lain.

E.     TEORI

Menurut Babbie (1983)Teori adalah penjelasan sistematis tentang suatu fakta dan atau hukum yang berhubungan dengan aspek kehidupan.

F.     KERANGKA BERPIKIR

Uma Sekaran (1992), mengemukakan bahwa, kerangka berpikir merupakan model konseptual tentan bagaimana teori berhubungan dengan berbagai factor yang telah diidentifikasi sebagai masalah yang urgen.

G.    HIPOTESEIS

Hipotesis yaitu suatu kesimpilan sementara, tetapi kesimpulan itu belum final, masih harus dibuktikan kebenarannya atau hipotesis adalah suatu jawaban sementara atau dugaan sementara dimana ada kemungkinannya benar dan juga kemungkinannya salah.

H.    DEFINISI OPERASIONAL

Definisi operasional merupakan suatu pernyataan dalam bentuk yang khusus  dan merupakan kriteria yang bisa diuji secara empiris.

 




 DAFTAR PUSTAKA

Pasolong, H. 2020. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS-JENIS PENELITIAN